Minggu, 09 April 2017

engine operation "TURBOFAN"

      Turbofan atau Fanjet adalah jenis mesin jet yang banyak digunakan dalam propulsi pesawat. Kata "turbofan" terdiri dari kata "turbin" dan "fan": bagian turbo mengacu pada mesin turbin gas yang mencapai energi mekanik dari pembakaran, dan fan atau kipas diputar menggunakan energi mekanik dari turbin gas untuk mengalirkan udara. Aliran udara yang terjadi di engine turbofan ada 2 yaitu : secondary air dan primary air. Secondary air adalah aliran udara yang bukan masuk ke ruang bakar , tapi dialirkan ke duct untuk kembali ke atsmosfer. Sedangkan , primary air adalah aliran udara yang masuk ke kompressor untuk pembakaran.

  
Prinsip Kerja Turbofan 
          Udara atau airflow dihisap oleh fan dan dialirkan oleh blade ( low pressure compresor). Setelah itu di kompres lagi oleh blade yang lebih kecil ( high pressure compresor ). Kemudian masuk ke combustion chamber dan dibei ignition sampai suhu atau temperatur tinggi barulah disemprot dengan fuel. Karena terjadi pembakaran maka energi panas yang terjadi karena pembakaran diubah menjadi energi mekanik untuk menggerakkan high pressure turbin dan low pressure turbin, yang terhubung langsung dengan high pressure compresor dan low pressure compresor, sehingga high pressure compresor dan low pressure compresor dapat berputar kembali. Dan sisa energi menjadi tenaga dorong pesawat tersebut. 
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar